PesonaEdu Challenge 2017 Dilaksanakan Pada Acara Indonesia International Book Fair (IIBF)
PesonaEdu Challenge 2017 merupakan bagian dari rangkaian acara berkala PesonaEdu Challenge & Partnership (PECP) yang menjadi ajang kompetisi dan informasi bagi seluruh kalangan pendidikan. Diselenggarakan dalam bentuk Lomba serta Seminar & Talkshow di berbagai daerah bekerjasama dengan para mitra PesonaEdu yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dan menumbuhkan kreativitas siswa dan guru dalam pembelajaran.
PesonaEdu Challenge pada tahun 2017 ini akan dilaksanakan pada acara Indonesia International Book Fair (IIBF) di bulan September 2017, yaitu pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), serta didukung oleh berbagai penerbit yang menjadi mitra PesonaEdu. Rangkaian acara PesonaEdu Challenge terdiri dari lomba untuk kategori Literasi, Matematika dan Sains untuk tingkat SD dan SMP.
PENDAFTARAN LOMBA
Peserta mendaftar melalui formulir secara online di www.pesonaedu.com/lomba2017
paling lambat Hari Kamis tanggal 31 Agustus 2017 pukul 24.00
Berikut adalah ketentuan
KETENTUAN LOMBA LITERASI
KETENTUAN LOMBA
- Lomba Literasi tingkat SD (Re-Telling)
- Peserta menceritakan kembali dari satu buah buku cerita dengan durasi waktu 5 menit dalam bahasa Indonesia.
- Peserta memilih salah satu judul buku yang disediakan oleh panitia untuk dijadikan bahan cerita.
Terdapat 10 buku cerita dari 10 Penerbit yang dapat dipilih. - Peserta Lomba adalah siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) kelas (3-4) untuk mewakili sekolahnya.
- Setiap sekolah mengirimkan maksimum 2 team peserta yang dapat terdiri dari 2 siswa yang tampil bersama (kolaborasi) atau seorang siswa yang masing-masing tampil secara individu.
- Lomba ini tidak dipungut biaya (gratis)
- Peserta menggunakan pakaian rapi dan diutamakan baju batik
- Peserta melakukan registrasi 30 menit sebelum jadwal lomba di mulai
- Berlaku sistem babak Final yang diambil dari 10 terbaik peserta lomba.
- 10 finalis disediakan buku Teks bacaan secara spontan dan diberi waktu membaca 5 menit kemudian tampil di babak final dengan durasi 5 menit.
- Pengumuman Pemenang dilaksanakan di akhir acara Lomba pada hari yang sama
- Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
JUDUL BUKU :
- Aksi Tiga Pahlawan Cilik ( Zikrul )
- Iir Si Air ( Bumi Aksara )
- Rimba ( Gramata )
- Kumpulan Cerita Rakyat 3 – BALI, NTB, NTT & KALIMANTAN ( Gramedia Pustaka Utama )
- Kisah Dua Boneka – The Tale of Two Dolls ( Kanisius )
- The Gambler and The Dragon ( Kesaint Blanc )
- Petualangan Kelompok Pelangi ( Penebar Swadaya )
- Dum Dum si Gajah Kecil ( Puspa Swara )
- The Golden Egg / Telur Emas ( Rosda )
- Lutung Kasarung ( Balai Pustaka )
Buku cerita digital dapat dibeli melalui store.pesonaedu.id
KRITERIA PENILAIAN :
- Penyusunan kalimat yang diucapkan sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang benar
- Ekspresi dalam bercerita
- Intonasi yang jelas
JADWAL LOMBA
Setelah melakukan pendaftaran peserta akan menerima email/SMS infomasi jadwal lomba dan nomor peserta. Peserta yang akan tampil harus siap di Ruang Transit Tampil, 15 menit sebelum jadwal tampilnya.
Nomor Peserta 001 – 010 , Pukul 09.00 – 10.00
Nomor Peserta 011 – 020 , Pukul 10.00 – 11.00
Nomor Peserta 021 – 030 , Pukul 11.00 – 12.00
Nomor Peserta 031 – 040 , Pukul 12.00 – 13.00
Nomor Peserta 041 – 050 , Pukul 13.00 – 14.00
Babak Final, Pukul 14.30 – 15.00
HADIAH LOMBA
- Juara I , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 700.000,-
- Goody Bag
- Juara II , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 500.000,-
- Goody Bag
- Juara III , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 300.000,-
- Goody Bag
KETENTUAN LOMBA MATEMATIKA & SAINS
Memberi kesempatan kepada pelajar tingkat menengah untuk terlibat langsung dalam memeriahkan ajang Pameran Buku Internasional, dan menjadi ajang kompetisi antar siswa tentang penguasaan konsep-konsep Matematika & Sains, yaitu mata pelajaran yang merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap anak untuk kehidupan yang lebih baik.
KETENTUAN LOMBA
- Lomba Matematika dan IPA Terpadu tingkat SMP.
- Setiap sekolah mengirimkan maksimum 3 peserta/siswa yang masing-masing akan berlomba secara individu.
- Peserta lomba adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7 atau kelas 8 untuk mewakili sekolah.
- Materi perlombaan adalah materi pelajaran Matematika & Sains kelas 7 yang antara lain berasal dari simulasi interaktif yang diambil dari Buku Interaktif Teks Pelajaran Bumi Aksara dan Yudhistira.
Buku Interaktif dapat dilihat/dibeli di store.pesonaedu.id - Lomba ini tidak dipungut biaya (gratis).
- Peserta menggunakan pakaian rapi dan diutamakan menggunakan baju batik.
- Peserta melakukan registrasi ulang paling lambat 30 menit sebelum lomba dimulai.
- Pada babak penyisihan, peserta akan dibagi ke dalam kelompok dan diseleksi menggunakan sistem gugur.
- Satu orang pemenang dari masing-masing kelompok akan berlomba kembali pada babak final.
ATURAN MAIN
- BABAK PENYISIHAN
- Seluruh peserta wajib mengikuti tata tertib yang berlaku.
- Peserta harus menjawab dengan benar semua pertanyaan yang diajukan dan dilarang melakukan kecurangan.
- Peserta dilarang menggunakan alat bantu hitung dan elektronik lainnya. Alat tulis akan disediakan oleh panitia lomba.
- Pertanyaan berupa pilihan ganda dan jawaban singkat. Peserta menjawab dengan cara mengangkat papan berisi jawaban.
- Setelah pembawa acara memerintahkan papan jawaban untuk diangkat, peserta tidak boleh mengganti jawaban. Papan jawaban harus diangkat di atas kepala.
- Peserta yang salah atau tidak menjawab pertanyaan tidak diperkenankan melanjutkan perlombaan, lalu meninggalkan area perlombaan.
- Peserta yang melanggar aturan akan diberi peringatan atau didiskualifikasi.
- Jika tidak ada satupun peserta yang menjawab benar, pertanyaan yang diajukan dianggap tidak sah.
- Peserta yang berhak melanjutkan ke babak final adalah peserta terakhir yang mampu bertahan.
- BABAK FINAL
- Seluruh finalis wajib mengikuti tata tertib yang berlaku.
- Finalis dilarang menggunakan alat bantu hitung dan elektronik lainnya. Alat tulis akan disediakan oleh panitia lomba.
- Masing – masing finalis berkesempatan untuk menjawab soal dan mengumpulkan nilai jawaban sebanyak-banyaknya dalam rentang waktu yang ditentukan.
- Masing-masing finalis menjawab soal secara bergiliran.
- Saat giliran salah satu finalis, finalis yang belum mendapat giliran menjawab, duduk membelakangi panggung dan menggunakan penutup telinga.
- Pemenang diputuskan berdasarkan banyaknya nilai jawaban yang diperoleh masing-masing finalis.
- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
JADWAL LOMBA
Setelah melakukan pendaftaran peserta akan menerima email/SMS infomasi jadwal lomba.
Pendaftaran Ulang, pukul 09.00 – 09.30
Babak Penyisihan dilaksanakan di Panggung Lobby
Batch 1, pukul 09.30 – 10.00
Batch 2, pukul 10.00 – 10.30
Batch 3, pukul 10.30 – 11.00
Babak Final, dilaksanakan di Panggung Utama
Pukul 13.00 – 14.00
HADIAH LOMBA
- Juara I , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 700.000,-
- Goody Bag
- Juara II , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 500.000,-
- Goody Bag
- Juara III , mendapat hadiah :
- Piala & Sertifikat Lomba
- Voucher Buku Pengayaan Matematika & IPA durasi 1 th
- Uang tunai senilai Rp. 300.000,-
- Goody Bag